Tetap Memikat Meskipun Sedang Haid

Saudariku, sudah menjadi fitrah seorang wanita bahwa setiap bulan dia mendapat jadwal haidh (datang bulan). Tentu saja, ada kebiasaan yang berubah ketika kita sedang mengalami masa haid dibandingkan hari biasa. Ketika haidh, Allah melarang kita melakukan jima’ dengan suami. Larangan ini tercantum sangat jelas dalam firman Allah,

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُواْ النِّسَاء فِي الْمَحِيضِ وَلاَ تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىَ يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللّهُ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS Al-Baqarah [2]: 222)

Melalui firman-Nya, Allah menjelaskan bahwa haidh adalah kotoran. Apabila suami istri melakukan jima’ pada saat istrinya sedang haidh, maka hal itu dapat mendatangkan penyakit berbahaya baik bagi istri ataupun sang suami. Sebagai kotoran, darah haidh adalah darah najis yang mengandung banyak kuman. Oleh karena itu larangan Allah tersebut mengandung hikmah yang sangat besar.

Dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barang siapa yang mendatangi wanita (menjima’ istrinya) yang haidh atau pada liang anusnya atau mendatangi tukang ramal lalu mempercayai apa yang dikatakannya, sesungguhnya ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad Rasulullah.” (HR Ash-Habussunnah kecuali Nasa’i). Larangan Allah dan Rasul-Nya ini bersifat jelas dan haram jika dilakukan. Oleh karena itu saudariku, perhatikanlah larangan ini dan jauhilah.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan ketika sedang haidh sementara suami membutuhkan kita? Tidak usah bingung. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai suri tauladan terbaik kita telah memberikan bimbingan dan arahan untuk kita. Yang jelas, selama masa haidh kita dilarang melakukan jima’ dengan suami. Hanya saja, untuk yang lainnya kita masih dibolehkan. Kita boleh bersenang-senang dan melakukan cumbu rayu dengan suami. Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Ummul Mukminin Aisyah, “Dahulu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah memerintahkan kepada seseorang di antara kami untuk mengenakan kain, kemudian suaminya boleh tidur bersamanya.” Pada waktu lain Aisyah mengatakan, “Boleh mencumbuinya atau bersenang-senang dengannya.” (HR Bukhari Muslim). Mengenakan kain di sini maksudnya menutup anggota tubuh bagian bawah, yaitu antara pusar dan lutut.

Dalam riwayat lain, ketika ditanya tentang jima’ semasa seorang istri menjalani masa haidh, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Lakukanlah segala sesuatu kecuali bersetubuh.” (HR Muslim)

Oleh karena itu, meskipun sedang haidh, kita tetap harus berusaha tampil cantik di depan suami. Kita juga harus belajar menjaga dan mengendalikan emosi, karena biasanya pada masa haidh kondisi emosi wanita menjadi labil. Jika memang kita mengalami kondisi emosi yang labil ada baiknya kita menjaga jarak atau menjauh sebentar dari suami agar tidak terucap kata atau terjadi tindakan kita yang tidak menyenangkan suami.

Kita juga perlu memahamkan kepada suami bagaimana kondisi kita ketika sedang haidh. Selain emosi yang labil, biasanya wanita mengalami gangguan konsentrasi dan keadaan fisik yang kurang fit. Dengan memahamkan ke suami, insyaAllah suami dapat memperlakukan kita secara bijaksana ketika masa haidh. Dan perlu kita ketahui, apa yang berlaku ketika haidh, juga berlaku saat seorang wanita mengalami masa nifas. Pada dua keadaan ini (haidh dan nifas), wanita dilarang berjima’ dengan suaminya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: