Misteri Angka 7

Ketika menulis buku “Makkah Madinah Kota Sejuta Mukjizat dan Keajaiban”, saya mengalami kesulitan yang cukup berat, apalagi saya memang belum pernah ke sana dan juga pencarian dalil-dalilnya yang lumayan sulit. Alhamdulillah, saya mendapat banyak input dari adik ipar yang alhamdulillah sedang menempuh studi Ilmu Hadits di Universitas Madinah. Hingga akhirnya buku tersebut bisa hadir dan dinikmati para pembaca. Harapan saya,  menulis buku tersebut agar menjadi jalan kemudahan bagi saya untuk ke sana (aamiin).

Dalam buku “Makkah Madinah Kota Sejuta Mukjizat dan Keajaiban”, saya tertegun ketika mencari-cari bahan untuk menulis pada bagian rangkaian ibadah haji. Saya menemukan bahwa dalam ibadah haji seperti umrah, thawaf, dan sa’i, terdapat angka 7. Ya, 7, bukan 3, 5, atau lainnya. Tetapi 7. Subhanallah … Saya pun mulai mencari tahu angka 7 yang lain, dan ternyata dalam Al Qur’an dan Hadits, banyak sekali disebutkan angka 7. Allah menghiasi berbagai perkara di dunia dan akhirat dengan angka 7.

Allah menciptakan langit dan bumi dalam 7 lapisan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an surah Ath Thalaq [65] ayat 12, “Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.”

Dalam surah Al Mulk [67] ayat 3 Allah berfirman yang artinya, “Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis ….”

Dalam surah Nuh [71] ayat 15 Allah berfirman yang artinya, “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat.”

Angka 7 adalah angka yang pertama kali disebut dalam surah Al Baqarah [2] ayat 29 dan terakhir kali dalam surah An Naba’ [78] ayat 12.

Terjemah surah Al Baqarah [2] ayat 29, “Dia-lah Allah yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Dalam surah An Naba’ [78] ayat 12 Allah berfirman yang artinya, “Dan Kami bina di atas kamu tujuh buah (langit) yang kokoh.”

Jika dihitung, jumlah surah dari Al Baqarah hingga An Naba’ adalah 77, sedang 77 merupakan kelipatan angka 7.

Angka 7 juga menunjukkan jumlah pintu neraka Jahannam. Allah berfirman dalam surah Al Hijr [15] ayat 44 yang artinya, “Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.”

Allah pun membuat perumpamaan balasan bagi orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah menggunakan angka 7 dan kelipatannya. Allah berfirmand alam surah Al Baqarah [2] ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Ada 7 golongan yang mendapat naungan Allah di Hari Kiamat. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,“Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.(1)Pemimpin yang adil, (2) Seorang pemuda yang menyibukkan dirinya dengan ibadah kepada Rabbnya, (3) Seorang yang hatinya selalu terikat pada masjid, (4) Dua orang yang saling mencintai karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, berkumpul dan berpisah karena Allah pula, (5) Seorang lelaki yang di ajak zina oleh wanita yang kaya dan cantik tapi ia menolaknya seraya berkata ‘Aku takut kepada Allah’, (6) Seseorang yang bersedekah dengan menyembuyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dinfaqkan oleh tangan kanannya, serta (7) Seorang yang berzikir kepada Allah di kala sendiri hingga kedua matanya basah karena menangis.” (Shahih Bukhari, Hadits no 620)

Setiap hari ada 70.000 malaikat yang masuk dan beribadah di Baitul Ma’mur. 70.000 merupakan kelipatan angka 7. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Baitul Ma’mur berada di langit ketujuh setentang dengan Ka’bah di bumi, setiap hari ada 70.000 malaikat yang shalat di dalamnya kemudian apabila mereka telah keluar maka tidak akan kembali lagi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada kita agar memerintahkan anak untuk shalat pada usia 7 tahun. “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk melakukan shalat saat usia mereka 7 tahun dan pukullah mereka saat usia 10 tahun (jika belum juga mengerjakan shalat). Dan pisahkan tempat tidur mereka.” (HR Abu Dawud dan Ahmad)

Allah menimpakan azab kepada kaum ‘Ad selama 7 malam. Allah berfirman dalam surah Al Haqqah [69] ayat 6-7 yang artinya, Adapun kaum Ad maka mereka telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin lagi amat kencang. Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam dan delapan hari terus menerus; maka kamu lihat kaum Ad pada waktu itu mati bergelimpangan seakan-akan mereka tunggul-tunggul pohon kurma yang telah kosong (lapuk).”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan kezhaliman dan mengambil tanah orang lain tanpa hak menggunakan angka 7. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang yang menzhalimi orang lain walau hanya beberapa jengkal tanah, akan dikalungkan kepadanya azab dari 7 bumi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menerangkan bahwa Allah memerintahkan kita untuk bersujud menggunakan 7 anggota tubuh. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Aku diperintahkan untuk bersujud dengan 7 tulang.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dan tahukah Anda, bahwa pelangi memiliki 7 warna: merah, jingga, hijau, biru, nila, dan ungu. Dan siapakah yang menciptakan pelangi? Dialah ALLAH.

Subhanallah ….

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: